Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Perlukah Tes Prestasi ?. Maka sebelum itu akan dijabarkan terlebih dahulu mengenai apa arti dari Tes Prestasi itu sendiri.
Tes
prestasi belajar adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat
mencakup semua kawasan tujuan pendidikan, Benyamin S. Bloom (dalam
Azwar, 2003) membagi kawasan tujuan pendidikan mejadi tiga bagian, yaitu
kawasan kognitif, kawasan afektif, dan kawasan psikomotorik. Sedangkan
Robert L. Ebel 1979 (dalam Azwar, 2003) menambahkan bahwa fungsi utama
tes prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. Tes prestasi belajar
disusun secara terencana untuk mengungkap apa yang oleh Cronbach 1970
(dalam Azwar, 2003) disebut sebagai performansi maksimal subjek (maximum performance).
Banyaknya penggunaan
tes prestasi belajar dalam proses pengambilan keputusan dalam dunia
pendidikan, selanjutnya menempatkan tes prestasi belajar dalam beberapa
fungsi, yaitu fungsi penempatan (placement), fungsi formatif, fungsi diagnostik dan fungsi sumatif.
FUNGSI TES PRESTASI BELAJAR
- Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan.
- Fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pendidikan.
- Fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya.
- Fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pelajaran. Tes sumatif merupakan pengukuran akhir dalam suatu program dan hasilnya dipakai untuk menentukan apakah siswa dapat dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut atau apakah siswa dinyatakan dapat melanjutkan ke jenjang program yang lebih tinggi.

Perlukah Tes Prestasi ????
Dari segi arti saja tes prestasi merupakan alat ukur hasil belajar. maka dari itu tanpa tes prestasi kita tidak dapat memperkirakan hasil belajar atau hasil yang sudah di dapatkan dari proses belajar. Jadi menurut saya tes prestasi sangat diperlukan.
Contohnya pada anak sekolah dasar yang sudah belajar selama satu semester maka diakhir semester akan ada tes prestasi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat wawasan dan pengetahuan yang sudah ia dapatkan selama belajar satu semester tersebut. Sehingga dari hasil tes tersebut akan diambil suatu keputusan lebih lanjut mengenai apa yang kira-kira materi yang belum dikuasai oleh siswa tersebut. Sama hal nya pada siswa SMA yang akan masuk kedalam jurusan di kelas XII. Dari hasil Tes Prestasi akan diketahui mata pelajaran apa saja yang nilainya lebih baik yang akan menjadi bahan pertimbangan bahwa siswa SMA ini cocok dalam kriteria jurusan sesuai dengan mata pelajaran yang nilainya rata-rata baik. Contohnya siswa SMA dengan nilai mata pelajaran Bilogi, Kimia dan Fisika lebih tinggi dari pada mata kuliah Ekonomi, maka siswa tersebut akan dimasukkan ke dalam jurusan IPA.
Tes Prestasi juga dapat dijadikan sebagai acuan apakah siswa tersebut lulus dalam program pendidikan yang telah direncanakan atau tidak. Dari hasil tes prestasi akan telihat sejauh mana kemampuan siswa menguasai materi yang sudah diajarkan. dan pada silabus/ materi pelajaran dengan hasil tes prestasi yang kurang akan diberikan materi tambahan lagi atau mengulang materi sehingga siswa tersebut akan sangat menguasi pelajaran itu. Begitulah kira-kira pentingnya Tes prestasi terutama pada siswa SD, SMP, SMA maupun Mahasiswa.
http://konstruksialatukur1989.blogspot.com/2012/10/tes-prestasi-belajar.html
http://alatukurpsikologi.blogspot.com/2012/10/tes-prestasi-belajar.html
Nendy Saeful Mikdar
1125110501
Reguler 2011
Backlink :
http://sflussy.blogspot.com/2014/09/apa-kata-mereka-tentang-tes-prestasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar